Senin, 03 Juni 2013

Sejarah Klub Liverpool FC

Mari kita beralih ke Inggris, salah satu klub liga inggris yang sempat mencapai masa keemasan mereka di Eropa bahkan dunia, dia adalah Liverpool FC, klub yang berasal dari kota Liverpool, Inggris. Klub yang dijuluki sebagai 'Si Merah' atau "The Reds" bisa dikatakan sebagai salah satu klub raksasa Inggris walaupun belakangan ini mereka tengah 'puasa' gelar di berbagai ajang Domestik dan Internasional. Liverpool sendiri sempat memasuki era jaya, di tahun 2004/2005 mereka sempat meraih gelar liga champions secara dramatis menang adu penalty menghadapi AC Milan di partai Final, dikatakan dramatis karena mampu mengejar ketertinggalan skor 3-0 dalam satu babak. Namun, setelah itu Liverpool malah 'puasa' gelar, dan mulai ditinggal pemain-pemain hebat mereka.

Liverpool Football Club, klub ini lahir di kota liverpool, Inggris pada tanggal 15 Maret 1892, berusia sekitar 121 tahun. Klub ini terkenal dengan julukan "The Reds" karena kostum home yang mereka gunakan dari tahun ke tahun selalu berwarna merah. Klub ini termasuk klub besar eropa yang digawangi oleh beberapa pemain kelas dunia, beberapa pelatih handal pun sempat melatih Gerrard CS. Namun sayangnya, dalam 4 tahun terakhir, Liverpool seolah puasa akan gelar, hal ini karena meningkatnya kualitas klub-klub liga inggris. Nah, seperti apa sejarah klub ini ? Mari kita simak bersama Sejarah Klub Liverpool FC dibawah ini.

Klub yang bermarkas di Anfield Stadion, Liverpool, Inggris ini didirikan pada tanggal 15 maret 1982 oleh John Holding selaku pemilik Anfield Stadion itu sendiri yang dulunya juga merupakan markas dari Everton FC. Sebelum nya nama klub ini adalah Everton Athletic FC sayangnya nama tersebut ditolak dengan mentah oleh Federasi Sepak bola inggris karena mereka tidak mau ada 2 klub yang menggunakan nama 'Everton' dan akhirnya pada bulan juli di tahun yang sama klub tersebut secara resmi berubah nama menjadi Liverpool FC. Klub ini sempat mengalami masa jaya dibawah sang pelatih legendaris mereka  Bill Shankly yang dengan sukses membawa Liverpool kembali memasuki divisi I liga Inggris setelah 8 musim terpuruk di Divisi II, bahkan membawa The Reds meraih berbagai gelar kala itu, tak heran jika Liverpool membangun sebuah patung dirinya di stadion Anfield.

Liverpool sendiri sudah mencicipi gelar Liga Inggris ketika masih berusia 8 tahun yaitu musim 1900/1901, sejauh ini mereka sudah mengoleksi 18 gelar liga inggris, 5 kali gelar liga champions, dan 7 gelar piala FA. Liverpool juga terkenal dengan salah satu pemain legendaris yaitu Ian Rush. - Judi Bola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar